Ki, Kd, Indikator Kurikulum 2013 Paud

KI, KD, INDIKATOR KURIKULUM 2013 PAUD. Banyak guru PAUD yang resah dalam menciptakan RKH dan RKM serta RKS dan RKT nah untuk menciptakan Administrasi PAUD menyerupai itu diharapkan dasar atau landasan yang berpengaruh untuk membuatnya yaitu harus Berdasarkan Surat Edaran dari Permendikbud tahun2014_nomor146 mengenai Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, serta Indikator Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

A. Kompetensi Inti
Kompetensi Inti Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan citra pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada final layanan PAUD usia 6 (enam) tahun.
Kompetensi Inti mencakup:
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti perilaku spiritual.
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti perilaku sosial.
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.
B. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran, tema pembelajaran, dan pengalaman berguru yang mengacu pada Kompetensi Inti.
Rumusan Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik dan kemampuan awal anak serta tujuan setiap aktivitas pengembangan. Kompetensi Dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti yaitu:
1. Kelompok 1: kelompok Kompetensi Dasar perilaku spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1;
2. Kelompok 2: kelompok Kompetensi Dasar perilaku sosial dalam rangka menjabarkan KI-2;
3. Kelompok 3: kelompok Kompetensi Dasar pengetahuan dalam rangka menjabarkan KI-3; dan
4. Kelompok 4: kelompok Kompetensi Dasar keterampilan dalam rangka menjabarkan KI-4.
INDIKATOR PENCAPAIAN PERKEMBANGAN
ANAK USIA DINI LAHIR-6 TAHUN
Pengantar
1. Indikator pencapaian perkembangan anak ialah penanda perkembangan yang spesifik dan terukur untuk memantau/menilai perkembangan anak pada usia tertentu.
2. Indikator pencapaian perkembangan anak merupakan kontinum/rentang perkembangan anak semenjak lahir hingga dengan usia 6 tahun.
3. Indikator pencapaian perkembangan anak berfungsi untuk memantau perkembangan anak dan bukan untuk dipakai secara pribadi baik sebagai materi didik maupun kegiatan pembelajaran.
4. Indikator pencapaian perkembangan anak dirumuskan menurut Kompetensi Dasar (KD).
5. Kompetensi Dasar (KD) dirumuskan menurut Kompetensi Inti (KI).
6. Kompetensi Inti (KI) merupakan citra pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada final layanan PAUD usia enam tahun yang dirumuskan secara terpadu dalam bentuk KI Sikap Spiritual, KI Sikap Sosial, KI Pengetahuan, dan KI Keterampilan.
7. Indikator pencapaian perkembangan anak untuk KD pada KI Sikap Spiritual dan KD pada KI Sikap Sosial tidak dirumuskan secara tersendiri. Pembelajaran untuk mencapai KD-KD ini dilakukan secara tidak langsung, tetapi melalui pembelajaran untuk KD-KD pada KI Pengetahuan dan KI Keterampilan. Dengan kata lain, perilaku kasatmata anak akan terbentuk dikala beliau mempunyai pengetahuan dan mewujudkan pengetahuan itu dalam bentuk hasil karya dan/atau unjuk kerja.
8. Indikator pencapaian perkembangan anak untuk KD pada pengetahuan dan KD pada keterampilan merupakan satu kesatuan alasannya ialah pengetahuan dan keterampilan merupakan dua hal yang saling berinteraksi.
9. Indikator pencapaian perkembangan anak disusun menurut kelompok usia sebagai berikut:
a. lahir hingga dengan usia 3 bulan;
b. usia 3 bulan hingga dengan usia 6 bulan;
c. usia 6 bulan hingga dengan usia 9 bulan;
d. usia 9 bulan hingga dengan usia 12 bulan;
e. usia 12 bulan hingga dengan usia 18 bulan;
f. usia 18 bulan hingga dengan usia 2 tahun;
g. usia 2 tahun hingga dengan usia 3 tahun;
h. usia 3 tahun hingga dengan usia 4 tahun;
i. usia 4 tahun hingga dengan usia 5 tahun; dan
j. usia 5 tahun hingga dengan usia 6 tahun.

Untuk lebih jelasnya bisa anda download

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Proposal Dan Kegiatan Kerja Pengajuan Paguyuban Operator Sekolah

Aplikasi Rencana Anggaran Belanja (Rab) Bop Paud Tahun 2017

Bantuan Perumahan Untuk Pns Tahun 2017